Orang Benar Hidup Dari Hukum Taurat Atau Dari Iman

Kisah Para Rasul 15:10-11

(10) Sekarang, mengapakamu mencobai Elohim dengan meletakkan suatu kuk pada leher para murid, yang tidak dapat dipikul baik oleh para leluhur kita maupun oleh kita sendiri?

(11) Sebaliknya, kita percaya bahwa karena anugerah Tuhan YESUS Kristus kita diselamatkan, demikian juga dengan mereka.”

 

Kalau kita membaca Kisah Para Rasul 15:1-18, maka kita akan melihat bagaimana Paulus dan Barnabas sangat menentang kewajiban sunat (sebagai gambaran dari hukum Taurat), sehingga dikatakan pada ayat 10-11 bahwa untuk apa mencobai Elohim dengan menaruh kuk (hukum Taurat) pada leher orang-orang percaya, yang sudah pasti tidak dapat dipikul. Sebab tuntutan hukum Taurat yang begitu sempurna. Oleh karena itu hendaklah kita hidup di dalam iman (percaya) kepada Yesus Kristus bahwa kita diselamatkan bukan karena perbuatan tetapi karena iman.

 

Kristen agamawi berusaha membuat orang-orang percaya terikat pada aturan dan hukum Taurat yang pada dasarnya hanya menyusahkan diri sendiri. Sebab itu Paulus dengan gencar menyampaikan Injil sejati yaitu kabar baik di dalam Yesus Kristus. Sebab Paulus tahu bahwa hukum Taurat tidak membuat seseorang menjadi benar atau menjadi kudus.

 

Hukum Taurat begitu sempurna dan tidak ada yang dapat melakukannya bahkan ketika seseorang melakukan semua hukum taurat dengan baik, tetapi ada satu dari hukum tersebut yang gagal maka semua yang sudah dilakukan adalah sia-sia dan orang tersebut tetap berada di bawah kutuk dan hukuman.

 

Yakobus 2:10 “Sebabsiapa saja yang menuruti seluruhhukum itu, tetapi gagal dalam satu bagian saja, dia bersalah terhadap seluruhnya.”

 

Galatia 3:10-11

(10) Terkutuklah semua orang yang berusaha hidup benar dengan mengandalkan perbuatan hukum Taurat. Karena ada tertulis: “Terkutuklahsetiap orang yang tidak melakukan dengan setia semuayang tertulis di dalam Kitab Taurat.”

(11) Sekarang sudah jelas bahwa tidakseorang pun dibenarkan di hadapan Elohim karena melakukan hukumTaurat, sebab: “Orang benar akan hidup oleh iman.”

 

Kita tidak dibenarkan karena melakukan hukum Taurat

Galatia 2:16Kami tahu bahwa manusia dibenarkan bukan karena melakukan hukum Taurat, melainkan oleh iman dari YESUS Kristus. Kami pun telah percaya kepada YESUS Kristus supaya kami dapat dibenarkan oleh iman dari Kristus dan bukan karena melakukan hukum Taurat. Sebab tidak seorang pun manusia menjadi benar karena melakukan hukum Taurat.

 

Firman Tuhan sangat jelas mengatakan bahwa kita tidak dibenarkan karena hukum Taurat, tetapi kita dibenarkan karena iman di dalam Yesus Kristus, karena itu kita bukan hidup dalam hukum Taurat, tetapi kita hidup dengan iman di dalam Yesus Kristus.

 

Galatia 2:20 “Aku telah disalibkan bersamaKristus, namun aku hidup, tetapibukan lagi aku, melainkan Kristusyang hidup di dalamku. Dan hidupyang sekarang aku hidupi secarajasmani, adalah hidup oleh iman,yaitu iman dari Putra Elohim yangtelah mengasihi aku dan menyerahkandiri-Nya bagiku.”

 

Seseorang dibenarkan karena iman di dalam Yesus Kristus dan orang benar akan hidup oleh iman bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat. Artinya kita di dalam Yesus sudah dibenarkan dan hidup kita hanya fokus kepada Yesus. Bukan berarti kita sudah benar lalu kita hidup mengabaikan firman Tuhan dan hidup sebebasnya “dalam dosa” tetapi hidup oleh iman adalah hidup dalam persekutuan, hidup dalam kebenaran, memberikan diri untuk melayani Yesus Kristus, sebab orang yang sudah dibenarkan karena iman, kehidupan mereka hanya untuk mempermuliakanTuhan Yesus Kristus.

 

Efesus 2:10“Sebab kita adalah buatan Elohim yang telah diciptakan dalam Kristus YESUS untuk melakukan perbuatan baik, yang telah dipersiapkan oleh Elohim sebelumnya, agar kita hidup di dalamnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *