PREACH THE GOSPEL OF GRACE AND TRUTH

Gereja YHS Memberitakan

Injil Anugerah Dan Kebenaran

Injil adalah kabar baik yang harus disampaikan kepada dunia, sehingga mereka yang mendengar dan percaya pada pemberitaan Injil beroleh kemerdekaan, kelegaan dan keselamatan di dalam Yesus Kristus Tuhan.Sebab itulah Yesus sendiri menyampaikan kabar baik dan mengutus para Rasul dan orang-orang percaya untuk menyampaikan kabar baik itu kepada dunia.

 

Lukas 4:18-21

(18) “Roh TUHAN ada pada-Ku, karena Dia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan Kabar Baik kepada orang miskin. Dia telah mengutus Aku,untuk menyembuhkanorang yang remuk hati,untuk memberitakanpembebasan bagi paratawanan,untuk memulihkanpenglihatan bagi orangbuta,untuk membebaskanorang yang tertindas,

(19) dan untuk memberitakantahun kemurahan TUHAN.”

(20) Setelah menutup dan mengembalikankitab itu kepada pelayan,Dia pun duduk dan mata semuaorang di dalam sinagoga itumenatap terus kepada-Nya.

(21) Maka Dia mulai berbicara kepadamereka, “Hari ini nas ini telahdigenapi saat kamu mendengarnya.”

 

Matius 28:18-19

(18) LaluYESUS mendekati mereka dan berkata,“Segala kuasa di surga dan dibumi sudah diberikan kepada-Ku.

(19) Oleh karena itu, pergilah, jadikanlahsemua bangsa murid-Ku,dengan membaptis mereka ke dalamNama Bapa dan Putra dan RohKudus,

(20) dengan mengajar merekamelakukan segala sesuatu yang telah Aku perintahkan kepadamu.Dan lihatlah, Aku menyertaimusenantiasa, sampai akhir zaman.”Amin.

 

Tuhan Yesus Kristus memberitakan kabar baik kepada dunia, bahkan Yesus memberikan amanat agung kepada para murid untuk memberitakan, menyampaikan dan mengajarkan kepada dunia yaitu manusia, pengajaran yang Yesus Kristus telah ajarkan (Injil Anugerah). Injil Anugerah adalah pemberitaan tentang Yesus Kristus dan segala karya-Nya yang sudah Yesus lakukan dan selesaikan di atas kayu salib.

 

Tetapi pada kenyataannya kekristenan pada umumnya lebih mengajarkan dan menekankan aturan-aturan dan hukum Taurat lebih dari mengajarkan atau menyampaikan apa yang Yesus Kristus sudah selesaikan di atas kayu salib. Hal-hal itulah yang membuat kekristenan terkurung pada apa yang disebut legalisme. Orang-orang Kristen pada umumnya hanya melakukan sebuah ritual dan kegiatan-kegiatan agama, hanya sekedar sebuah rutinitas keagamaan saja, tanpa mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus.

 

 

 

 

Kisah Para Rasul 15:1,5,9-11

(1) Ada beberapa orang yangturun dari Yudea dan mengajarsaudara-saudara di Antiokhia,“Jika kamu tidak disunat menurutadat-istiadat Musa, maka kamutidak dapat diselamatkan.”

(5) Namun, beberapa orangdari kelompok Farisi yang telah percaya,bangkit dan berkata, “Orang-orangdari bangsa lain yang telahpercaya harus disunat dan memeliharahukum Taurat Musa.”

(9) Dia tidak membedakan mereka dengan kita, Dia menyucikan hati mereka juga oleh iman.

(10) Sekarang, mengapa kamu mencobai Elohim dengan meletakkan suatu kuk pada leher para murid, yang tidak dapat dipikul baik oleh para leluhur kita maupun oleh kita sendiri?

(11) Sebaliknya, kita percaya bahwa karena anugerah Tuhan YESUS Kristus kita diselamatkan, demikian juga dengan mereka.”

 

Inilah situasi yang sedang terjadi pada jemaat di Antiokhia, mereka menganggap bahwa keselamatan itu karena mereka melakukan hukum Taurat, dan mereka yang sudah percaya dari bangsa-bangsa lain (non Yahudi) mereka harus sunat dan melakukan hukum Taurat yang sudah YAHWEH berikan kepada Musa. Tetapi Paulus bangkit dan berkata kepada mereka untuk apa kamu memberikan kuk yaitu hukum Taurat, kalau nenek moyang kita saja tidak ada yang sanggup melakukannya. Sebab kita disucikan hanya karena iman dan keselamatan bukan karena hukum Taurat tetapi karena Anugerah di dalam Yesus Kristus.

 

Pertanyaannya adalah mengapa Yesus Kristus, Rasul Paulus dan para Rasul lainnya tidak menaruh kuk yaitu hukum Taurat kepada orang percaya?

 

  • Tuntutan Hukum Taurat Sempurna Dan Tidak Ada Yang Dapat Melakukannya.

Yohanes 7:19 Bukankah Musa telah memberikan hukum Taurat kepadamu namun tidak seorang pun dari antaramu melaksanakan hukum Taurat itu?

 

Kisah Para Rasul 15:10 Sekarang, mengapa kamu mencobai Elohim dengan meletakkan suatu kuk pada leher para murid, yang tidak dapat dipikul baik oleh para leluhur kita maupun oleh kita sendiri?

 

Galatia 5:3Dan aku bersaksi lagi kepada setiap orang yang disunat, bahwa ia adalah orang yang berutang untuk melakukan seluruh hukum Taurat.

 

Yakobus 2:10 Sebab siapa saja yang menuruti seluruh hukum itu, tetapi gagal dalam satu bagian saja, dia bersalah terhadap seluruhnya.

 

  • HukumTaurat Membuat Kita Melihat Dosa Dalam Diri Kita

Roma 7:7 Lalu, apa yang akan kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa?Tentu tidak.Aku tidak mengenal dosa jika tidak dari hukum Taurat. Sebab aku juga tidak mengetahui apa itu keinginan, jika hukum Taurat tidak mengatakan: “Jangan mengingini!”

 

  • Tidak Ada Satupun Manusia Yang Dibenarkan Karena Melakukan Hukum Taurat

Roma 3:20 Tidak seorangpun manusia dapat dibenarkandi hadapan Elohim denganmelakukan hukum Taurat, sebabjustru oleh hukum Taurat manusiamengenal dosa.

 

  • Hukum Taurat Membuat Manusia Hidup Di Bawah Kutuk

Galatia 3:10 Terkutuklah semua orang yang berusaha hidup benar dengan mengandalkan perbuatan hukum Taurat. Karena ada tertulis: “Terkutuklah setiap orang yang tidak melakukan dengan setia semua yang tertulis di dalam Kitab Taurat.”

 

  • Hukum Taurat Bukan Untuk Orang Percaya.

1 Timotius 1:9-10

(9) Karena kita tahu bahwa hukum Taurat itu bukanlah untuk orang benar, melainkan untuk orang durhaka dan pemberontak, untuk orang fasik dan orang berdosa, untuk orang yang tidak kudus dan yang najis, untuk para pembunuh ayah dan para pembunuh ibu, untuk para pembunuh manusia pada umumnya.

 

(Orang benar adalah mereka yang sudah percaya Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya)

 

Kondisi Kekristenan Pada Masa Kini

Seperti apa yang Yesus dan para Rasul hadapi pada gereja mula-mula, dimana ada oknum atau kelompok-kelompak orang yang terus membebani atau menaruh kuk perhambaan hukum Taurat kepada orang-orang percaya, mereka itu adalah orang Farisi dan ahli-ahli Taurat. Oleh karena itu Yesus dan para Rasul sangat keras menegur mereka, sebab apa yang mereka sampaikan itu menjadi beban bagi orang-orang percaya dan menjadi batu sandungan bagi banyak orang.

 

Hal yang serupa juga terjadi pada kekristenan pada umumnya mereka membebani orang-orang percaya dengan kuk yaitu aturan-aturan dan hukum Taurat.Sehingga membuat kekristenan terjebak pada ritual dan usaha diri sendiri (Legalisme). Seperti harus rajin beribadah supaya Tuhan tidak murka, harus rajin baca firman Tuhan supaya dapat membersihkan diri dari dosa, harus banyak doa supaya kita disucikan dari dosa, kita harus banyak mengampuni supaya Bapa YAHWEH juga mengampuni kita, kita harus berusaha hidup kudus sebab tanpa kekudusan kita tidak akanmemiliki hidup kekal (keselamatan), masuk dalam api penyucian yaitu orang percaya harus menderita, sebagaimana Yesus sudah menderita, karena itu kita harus pikul salib dan sangkal diri tiap hari.

 

Kalau kita melihat dari pemaparan di atas, maka dapat dikatakan bahwa hidup dalam Yesus Kristus adalah hidup untuk mengalami kesusahan, penderitaan dan penuh dengan penganiayaan, seperti Yesus sudah menderita maka kita harus menderita.Sehingga kita pernah mendengar ada sebuah ungkapan biar miskin dan menderita di bumi, asal kaya dan bahagia di Surga.Apakah hal itu yang Yesus Kristus kehendaki bagi orang percaya???jawabannya adalah tidak!!! Sebab Yesus Kristus sudah menyelesaikan semuanya itu di atas kayu salib, oleh karena itu kita hidup di dalam Yesus Kristus untuk menerima hidup yang berkemenangan, diberkati dan kepastianakan hidup kekal bagi orang percaya.

 

Yohanes 19:30Segerasetelah YESUS mengecap anggurasam itu, Dia berkata, “Sudah selesai.”Lalu Dia menundukkan kepaladan menyerahkan Roh-Nya.

 

Kata “sudah selesai” dalam bahasa Yunani “Tetelestai” yang artinya mengandung, sudah melengkapi, memenuhi dan menyelesaikan dengan sempurna (tanpa harus ditambahkan sesuatu apapun)

 

Gereja YHS Memberitakan Kabar Baik

Seperti apa yang sudah Yesus Kristus ajarkan dan seperti apa yang Yesus sudah perintahkan kepada para Rasul dan orang-orang percaya yaitu menyampaikan Injil sejati atau kabar baik bagi dunia, maka gereja YHS memberitakan Injil sejati yaitu kabar baik kepada dunia tentang Yesus Kristus dan karya-Nya di atas kayu salib yang sudah memerdekakan mereka yang percaya kepada Yesus Kristus.

 

(Galatia 5:1Oleh karena itu, berdirilah teguh dalam kemerdekaan didalam Kristus yang telah membebaskankita, dan jangan mau dibebanilagi dengan kuk perhambaan.)

 

(Yohanes 8 : 32Kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”)

 

  • Yesus Kristus Menyelesaikan Hukum Taurat Dengan Sempurna
  • Hukum Taurat Hanya Penuntun Sampai Kristus Datang.

Galatia 3:24 “Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, sehingga kita dapat dibenarkan oleh iman.”

 

Hukum Taurat hanya penuntun sampai kedatangan Kristus datang, itu artinya bahwa sebelum Kristus datang ke dunia, maka hukum Taurat ini hanya untuk menuntun manusia kepada kebenaran dan kehidupan yaitu Yesus Kristus. Tetapi saat apa yang dinantikan yaitu Kristus sudah datang, maka hukum Taurat itu “sudah tidak berlaku lagi.”

 

Yang dimaksud dengan “sudah tidak berlaku lagi” adalah bahwa segala tuntutan, segala hukuman dan segala kutuk yang terkandung di dalam seluruh hukum Taurat itu sudah tidak berkuasa kepada mereka yang sudah ada di dalam Yesus Kristus.Tetapi mereka yang ada diluar Yesus Kristus, mereka akan dihakimi berdasarkan hukum Taurat.

 

  • Yesus Kristus Akhir Dari Hukum Taurat

Roma 10:4Kristus adalah akhir dari hukumTaurat, sehingga kebenarandiperoleh bagi setiap orang yang percaya.

 

Firman Tuhan dengan jelas mengatakan bahwa Yesus Kristus adalah akhir dari hukum Taurat, itu artinya bahwa setiap orang yang percaya Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat, maka orang tersebut sudah terbebas dari tuntutan dan hukuman yang tertulis di dalam seluruh hukum Taurat.

 

  • Yesus Kristus Sudah Menebus Kita Dari Hukum Taurat

Galatia 3:13-14

(13) Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang tergantung pada kayu salib,”

(14) supaya di dalam YESUS Kristus berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi, sehingga oleh iman, kita dapat menerima Roh yang telah dijanjikan.

 

Dalam hukum Taurat mengandung kutuk dan berkat, siapa yang dapat melakukan hukum Taurat tanpa cacat sedikitpun maka orang tersebut menerima berkat, tetapi siapa yang gagal melakukan satu dari hukum Taurat maka orang tersebut menerima kutuk (Ulangan 28:1-46). Tetapi firman Tuhan berkata tidak ada satupun manusia yang dapat melakukan hukum Taurat, sebab itu Yesus Kristus datang ke dunia menjadi manusia dan menggenapi seluruh hukum Taurat dengan sempurna, sehingga kita yang ada di dalam Yesus kita terlepas dari hukum Taurat dan kita menerima berkat dan keseamatan di dalam Kristus.

 

  • Diselamatkan Hanya Karena Iman Di Dalam Yesus Kristus

Efesus 2:8-9

(8) Karena anugerah kamu telah diselamatkan oleh iman, itu bukan karena usahamu, tetapi pemberian Elohim,

(9) itu bukan karena perbuatan-perbuatan, sehingga tidak seorang pun dapat memegahkan diri.

 

  • Kita Dibenarkan Hanya Karena Iman Bukan Karena Hukum Taurat.

Galatia 2:16Kami tahu bahwa manusia dibenarkan bukan karena melakukan hukum Taurat, melainkan oleh iman dari YESUS Kristus.Kami pun telah percaya kepada YESUS Kristus supaya kami dapat dibenarkan oleh iman dari Kristus dan bukan karena melakukan hukum Taurat.Sebab tidak seorang pun manusia menjadi benar keturunkarena melakukan hukum Taurat.

 

Roma 5:17-18

(17) Sebab jika karena kesalahan satu orang, maut telah berkuasa melalui satu orang itu, betapa lebih lagi mereka yang menerima anugerah dan karunia kebenaran yang berlimpah dari Elohim, akan memerintah ke dalam hidup melalui satu orang yaitu YESUS Kristus.

(18) Sebab itu, seperti oleh kesalahan satu orang, datang penghukuman bagi semua orang, demikian pula oleh perbuatan benar satu orang, datang pembenaran yang membawa kehidupan bagi semua orang.

 

  • Kebenaran Yang Sejati
  • Ciptaan baru (lahir baru)

Yohanes 3:3-6

(3) YESUSberkata kepadanya, “Sesungguh-sungguhnya,Aku berkata kepadamu,jika seseorang tidak dilahirkankembali, ia tidak dapat melihatkerajaan Elohim.”

(4) Nikodemus bertanya,“Bagaimana mungkin orangdilahirkan setelah menjadi tua? Dapatkah ia masuk kembali kedalam rahim ibunya untukdilahirkan kedua kalinya?”

(5) YESUSmenjawab, “Sesungguh-sungguhnyaAku berkata kepadamu, jikaseseorang tidak dilahirkan dari airdan Roh, ia tidak dapat masuk kedalam kerajaan Elohim.

(6) Apa yangtelah dilahirkan dari daging adalahdaging, dan apa yang telah dilahirkandari Roh adalah roh.

Ayat ini sering kali ditafsirkan atau digunakan untuk membaptis seseorang, tetapi ayat ini sama sekali tidak berbicara mengenai baptisan. Tetapi berbicara mengenai kelahiran baru.Dalam percakapan Yesus dan Nikodemus, Yesus membahas kalau seseorang harus dilahirkan kembali untuk dapat menerima kerajaan Surga.Kalau kita melihat dari konteksnya Yesus membahas ada dua kelahiran yaitu lahir dari air dan lahir dari Roh.

 

Lahir dari air berbicara kelahiran manusia secara jasmani, kalau kita melihat sepintas proses pembentukan manusia di dalam rahim seorang ibu dan proses kelahiran bayi tersebut, maka manusia lahir dari dalam air (dilingkupi oleh air), tetapi Yesus berkata bahwa tidak cukup hanya lahir dari air (lahir secara jasmani), kita juga harus lahir dari Roh yaitu kelahiran kedua. Kelahiran kedua berbicara tentang ciptaan baru, dimana melalui Roh Kudus, seseorang memiliki iman dan mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat pribadinya.

 

1 Petrus 1:23 Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, melainkan dari benih yang kekal, melalui firman Elohim yang hidup dan yang kekal.

2 Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru; semua yang lama sudah berlalu, sesungguhnya semua yang baru sudah datang.

 

Jadi setiap orang yang mengaku dan percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat pribadinya, maka orang tersebut secara otomatis mengalami kelahiran baru.Kelahiran baru ini membuat orang tersebut hidup dalam Anugerah yang menguduskan, membebaskan, memerdekakan, memberkati, menuntun, menopang dan membuat orang tersebut menerima kehidupan kekal (Surga).

 

  • Penebusan Yang Permanen

Ibrani 10:10-13

(10) Oleh kehendak-Nya kita telah dikuduskan melalui persembahan tubuh YESUS Kristus, sekali untuk selamalamanya.

(11) Setiap imam melakukan pelayanan hari demi hari dan berulang-ulang untuk mempersembahkan kurban yang sama, yang tidak pernah dapat menghapuskan dosa.

(12) Tetapi Dia, setelah mempersembahkan satu kurban karena dosa, Dia duduk di sebelah kanan Elohim untuk selama-lamanya,

(13) sambil menanti sampai para musuh-Nya dijadikan tumpuan kaki-Nya. 14Sebab oleh satu persembahan saja Dia telah menyempurnakan untuk selamanya mereka yang dikuduskan-Nya.

 

Firman Tuhan sangat jelas mengatakan bahwa kehendak YAHWEH yang ingin kita dikuduskan melalui Yesus Kristus, sebab kurban yang dipersembahkan untuk pengampunan dosa yang dilakukan setiap tahunnya melalui kurban domba dan lain sebagainya yang berdasarkan hukum Taurat, tidak pernah dapat menghapus dosa manusia. Hanya darah Yesus Kristus yang dapat menghapus dosa manusia sekali dan untuk selama-lamanya.

 

  • Keselamatan Yang Tidak Dapat Hilang

Yohanes 3:15-16

(15) supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, tetapi beroleh hidup kekal.

(16) Sebab Elohim sangat mengasihi dunia ini sehingga Dia telah mengaruniakan Putra-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup kekal.

 

Injil Yohanes sangat tegas mengatakan bahwa setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat maka orang tersebut tidak akan binasa, tetapi beroleh kepastian untuk menerima hidup yang kekal (Surga). Rasul Yohanes tidak menambahkan sebuah usaha atau perbuatan satupun untuk menerima keselamatan dan tidak ada satupun indikasi atau penyebab yang Rasul Yohanes tuliskan bahwa keselamatan di dalam Yesus Kristus dapat hilang.

 

Tetapi Rasul Yohanes menuliskan sebuah kepastian bahwa Yesus Kristus memberikan hidup kekal kepada mereka yang percaya dan mereka pasti tidak akan binasa dan tidak ada seorangpun atau kuasa  apapunyang dapat merampas atau mengambil kita dari tangan Yesus Kristus.

 

Kolose 1:13 “Dia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam kerajaan Putra-Nya yang terkasih.”

 

Yohanes 10:28-30

(28) Dan Aku memberikan hidup kekal kepada mereka, dan mereka pasti tidak akan binasa, dan tidak seorang pun akan merampas mereka dari tangan-Ku.

(29) Bapa-Ku yang telah memberikan mereka kepada-Ku lebih besar daripada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merampas mereka dari tangan Bapa-Ku.

(30) Aku dan Bapa adalah satu.”

 

  • Keselamatan Diberikan Bukan Diusahakan

Filipi 2:12Oleh karena itu kekasihku, sebagaimana kamu selalu taat, tidak hanya ketika aku hadir, tetapi terlebih lagi ketika aku tidak hadir, kerjakanlah keselamatan yang telah kamu miliki dengan takut dan gentar.

 

Ayat ini tidak berbicara bahwa orang percaya harus mengusahakan keselamatan (berusaha untuk memiliki atau mempertahankan keselamatan agar tidak hilang), sebab kita ketahui bahwa keselamatan adalah pemberian dari Bapa YAHWEH di dalam Yesus Kristus dan kita menerimanya hanya dengan iman.Filipi 2:12 ini adalah nasehat Paulus kepada jemaat Filipi bahwa mereka sudah menerima keselamatan melalui iman di dalam Yesus Kristus, sebab itu hiduplah dengan kasih, sukacita dan pengharapan.

 

  • Anugerah Yang Memulihkan Dan Mengubahkan Hidup Seseorang

Anugerah bukanlah Anugerah kalau hanya membuat seseorang memiliki kehidupan semakin buruk dan bergelimangan dengan dosa.Sebab Anugerah di dalam Yesus Kristus memulihkan dan membuat kehidupan kita semakin lebih baik.

 

  • Anugerah memulihkan hubungan manusia dengan Bapa YAHWEH

2 Korintus 5:18-19

(18) Segala sesuatuberasal dari Elohim, yang melaluiYESUS Kristus telah memperdamaikankita dengan diri-Nya,dan yang telah mengaruniakanpelayanan pendamaian itu kepada kami.

(19) Di dalam Kristus, Elohimtelah mendamaikan dunia dengandiri-Nya tanpa memperhitungkanpelanggaran-pelanggaran mereka,dan Dia telah menugaskan kepadakami berita pendamaian itu.

 

  • Anugerah memampukan kita memiliki perbuatan-perbuatan baik.

Efesus 2:10Sebab kita adalah buatan Elohim yang telah diciptakan dalam Kristus YESUS untuk melakukan perbuatan baik, yang telah dipersiapkan oleh Elohim sebelumnya, agar kita hidup di dalamnya.

 

Kebenaran mengenai Anugerah adalah bahwa di dalam Yesus Kristus kita adalah ciptaan baru yang dimampukan untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang baik.

 

  • Anugerah mengubahkan cara berpikir dan cara pandang seseorang.

Roma 12:1-2

(1) Aku menasihati kamu saudara-saudara, oleh kemurahan Elohim agar mempersembahkan tubuhmu sebagai suatu persembahan yang hidup, kudus, dan dikenan Elohim, itulah ibadahmu yang sejati.

(2) Janganlah menjadi serupadengan orang-orang di dunia ini, tetapi biarlah kamu diubahkanoleh pembaruan pikiranmu, agarkamu dapat mengenal kehendakElohim, yang baik, yang berkenan,dan yang sempurna.

 

Paulus menasehati jemaat di Roma bahwa hendaklah mereka memiliki perubahan pikiran atau metanoia yang dikerjakan oleh Roh Kudus, untuk dapat mengerti apakah maksud dari kemurahan atau Anugerah yang kita terima di dalam Yesus Kristus, yaitu bukan untuk hidup bebas dalam dosa atau bergelimangan dosa (menjadi serupa dengan dunia), tetapi Anugerah itu menguduskan kita.Oleh karena itu biarlah kita mempersembahkan hidup yang sudah dikudus kepada Yesus Kristus untuk kemuliaan-Nya.

 

Filipi 3:13-14

(13) Saudara-saudaraku, aku sendiri tidak mengganggap bahwa aku telah menangkapnya, tetapi satu hal yang aku lakukan, aku melupakan apa yang ada di belakangku dan menjangkau apa yang ada di depanku.

(14) Aku berlari ke arah tujuan yaitu sebuah hadiah panggilan surgawi dari Elohim di dalam Kristus YESUS.

 

  • Anugerah mengerjakan perubahan cara hidup

Yohanes 8:10-11

(10) Ketika semua telah pergi YESUS berkata: “Hai wanita, di manakah orangorang yang mendakwamu itu? Tidak adakah yang menghukum engkau?”

(11) Ia menjawab, “Tak seorang pun, Tuan.” Maka YESUS berkata kepadanya, “Aku pun tidak menghukummu, engkau dapat pergi dan tidak berbuat dosa lagi.”

 

Anugerah di dalam Yesus Kristus membuat seseorang menerima pengampunan secara total, tetapi Anugerah itu bukan membuat orang tersebut bebas berbuat dosa, sebab itu Yesus berkata pada perempuan ini pergilah dan tidak berbuat dosa lagi.

 

  • Anugerah memampukan seseorang hidup dalam kasih

1 Petrus 1:22Oleh Roh, sekarang jiwamutelah disucikan dalam ketaatanakan kebenaran, karena itu, dengankasih persaudaraan yang tulusyang keluar dari hati yang murni,kasihilah sungguh-sungguh seorangakan yang lain.

 

  • Anugerah membuat seseorang sanggup mengampuni

Lukas 7:47 Oleh sebabitu, Aku berkata kepadamu, dosanyayang banyak telah diampuni,karena itu ia banyak berbuat kasih.Tetapi orang yang sedikit diampuni,ia sedikit berbuat kasih.”

 

  • Anugerah membebaskan seseorang dari penghukuman

Roma 8:1 “Demikianlah sekarang tidakada lagi penghukuman bagimereka yang ada di dalam KristusYESUS; mereka hidup tidak menurutkedagingan, tetapi menurutRoh.”

 

 

 

 

Pengajaran Gereja YHS Adalah Anugerah Dan Kebenaran

Ada beberapa tudingan dan tuduhan-tuduhan yang mengatakan bahwa pengajaran tentang Anugerah (Grace) adalah pengajaran yang menyimpang dari kebenaran sebab pengajaran akan Anugerah menentang hukum Taurat, mengajarkan seseorang bebas berbuat dosa, tidak perlu lagi beribadah, tidak perlu lagi berdoa, tidak perlu bekerja, tidak perlu penginjilan dan lain sebagainya. Semuanya ini adalah tudingan dan tuduhan-tuduhan yang keliru mengenai pengajaran Anugerah (Grace).

 

Dengan adanya tudingan atau tuduhan yang keliru mengenai pengajaran tentang Anugerah (Grace), maka gereja YHS memberikan pemahaman yang perlu digaris bawahi mengenai pengajaran Anugerah agar setiap orang percaya tidak terjebak dalam legalisme agama dan tidak tersesat dalam filsafat-filsat yang kosong yang tidak mengandung kebenaran.

 

  • Gereja YHS bukan anti dengan Hukum Taurat.

Firman Tuhan berkata bahwa hukum Taurat itu, kudus, baik dan benar (Roma 7:12), tetapi tidak seorangpun yang dibenarkan oleh hukum Taurat (Roma 3:20).Bahkan firman Tuhan mengatakan bahwa hukum Taurat bukan untuk orang benar atau orang percaya (1 Timotius 1:9).

 

Gereja YHS bukan gereja yang anti akan hukum Taurat, tetapi gereja YHS meneruskan kabar baik yang telah Yesus Kristus dan para Rasul sudah ajarkan.Yesus Kristus sendiri menyatakan bahwa semuanya “sudah selesai”. Oleh karena itu apa yang Yesus Kristus sudah selesaikan di atas kayu salib, untuk apa lagi kita bebankan kepada orang percaya. sebab kalau kita masih beranggapan bahwa karena hukum Taurat manusia dibenarkan dan diselamatkan maka kematian Yesus Kristus menjadi sia-sia. Oleh karena itulah gereja YHS hanya memberitakan kabar baik yaitu pemberitaan akan karya Yesus Kristus di atas kayu salib sehingga setiap orang yang percaya memperoleh kehidupan, kelepasan, kemenangan, berkat dan keselamatan hanya karena iman di dalam Yesus Kristus.

 

  • Anugerah bukanlah surat ijin berbuat dosa.

Roma 6:15 Lalu bagaimana?Bolehkahkita berdosa karena kita tidak beradadi bawah hukum Taurat melainkandi bawah anugerah?Tentutidak.

 

  • Anugerah menuntun pada pertobatan.

Roma 2:4 Akankah engkau memandangrendah kebaikan-Nya yangberlimpah dan kelapangan hatiserta kesabaran-Nya?Tidakkahengkau menyadari bahwa kebaikanElohim menuntun engkau kepadapertobatan?

 

  • Anugerah membuat kita melihat bahwa Yesus Kristus adalah kebutuhan utama dan tujuan hidup kita.

Efesus 3:8-9 dan 13-14

(8) Bahkan tanpa ragu, akumenganggap semuanya sebagaikerugian karena pengenalan yangmendalam akan Kristus YESUSTuhan kita, yang oleh karenanyaaku telah kehilangan segala sesuatu dan menganggapnya sampahsupaya aku mendapatkan Kristus.

(9) Dan aku berada di dalamDia, tidak dengan mengandalkankebenaranku sendiri berdasarkan hukum Taurat, melainkan denganiman Kristus, yaitu kebenaran yangdari Elohim berdasarkan iman.

 (13) Saudara-saudaraku, aku sendiri tidak mengganggap bahwa aku telah menangkapnya, tetapi satu hal yang aku lakukan, aku melupakan apa yang ada di belakangku dan menjangkau apa yang ada di depanku.

(14) Aku berlari ke arah tujuan yaitu sebuah hadiah panggilan surgawi dari Elohim di dalam Kristus YESUS.

 

  • Anugerah Membuat kita hidup dalam kebenaran

Yohanes 16:13Namunjika Roh Kebenaran itu datang, Diaakan memimpin kamu ke dalamseluruh kebenaran, karena Diatidak akan berbicara dari diri-Nyasendiri, melainkan dari apa yangtelah didengar Nya; Dia juga akanmengatakan kepadamu hal-halyang akan datang.

 

1 Petrus 2:24 Dia sendiri telah menanggungsegala dosa kita di dalam tubuh-Nya di atas kayu salib, supaya kita yang telah mati terhadap dosa, dapat hidup dalam kebenaran.Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah disembuhkan.

 

  • Anugerah mendidik kita meninggalkan kefasikan

Titus 2:11-12

(11) Sebab, anugerah Elohim yangmenyelamatkan semua orang sudahnyata.

(12) Anugerah itu mendidikkita supaya meninggalkankefasikan dan meninggalkan keinginanduniawi, hidup bijaksana,adil dan saleh pada masa sekarangini.

 

  • Anugerah membawa kita dalam kemuliaan-Nya bukan pada keduniawian.

2 Petrus 1:3-4

(3) Sebab kuasa-Nya yang hebat telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup dan beribadah melalui pengenalan penuh akan Dia yang telah memanggil kita ke dalam kemuliaan dan kebaikan-Nya.

(4) Sebab itu pula, janji-janji yang sangat besar dan berharga telah Dia anugerahkan bagi kita, supaya olehnya kamu dapat menerima kuasa yang hebat itu dan luput dari keinginan duniawi yang menghancurkan.

 

  • Anugerah membuat kita melakukan perbuatan-perbuatan baik.

Efesus 2:10 Sebab kita adalah buatan Elohim yang telah diciptakan dalam Kristus YESUS untuk melakukan perbuatan baik, yang telah dipersiapkan oleh Elohim sebelumnya, agar kita hidup di dalamnya.

 

  • Anugerah membuat kita militan dalam melayani Kristus

1 Korintus 15:10Namun karena anugerahElohim, aku ada seperti yang akuada; dan anugerah-Nya kepadakutidak sia-sia, sebaliknya aku telahbekerja keras lebih daripada merekasemua, tetapi bukan aku, melainkananugerah Elohim yang adabersamaku.

  • Anugerah membuat kita hidup untuk mempermuliakan Yesus Kristus

1 Korintus 6:19-20

(19) Tidak tahukah kamu bahwa tubuhmu adalah rumah Roh Kudus, yaitu Roh Kudus yang ada di dalam kamu, yang kamu peroleh dari Elohim, dan bahwa kamu bukanlah milik kamu sendiri?

(20) Sebab, kamu telah dibeli, dan harganya telah dibayar lunas, karena itu, muliakanlah Elohim dengan tubuhmu dan dengan rohmu yang adalah milik Elohim.

 

  • Anugerah membuat kita punya hati mengasihi jiwa-jiwa (penginjilan)

Roma 1:14

(14) Aku adalah orang yang berutang, baik kepada orang Yunani, maupun kepada orang bukan Yunani, baik kepada orang bijak maupun kepada orang bodoh.

(15) Demikianlah aku ingin sekali memberitakan Injil kepadamu juga yang ada di Roma.

 

  • Anugerah tidak membuat seseorang menjadi malas.

2 Tesalonika 3:9-10

(9) Bukannyakarena kami tidak mempunyai hakuntuk itu, tetapi kami sendiri mau memberi teladan kepada kamusupaya kamu meneladani kami.

(10) Bahkan ketika kami masih adabersamamu, kami telah memerintahkanhal ini kepadamu: Jikaseseorang tidak mau bekerja,janganlah ia makan.

(11) Sebab kamimendengar bahwa ada beberapaorang di antara kamu yang hidupnyabermalas-malasan dan tidakmengerjakan apa pun, melainkanhanya sibuk mencampuri urusanorang lain.

 

Gereja YHS Akan Terus Memberitakan Injil Sejati.

Saat seseorang atau organisasi kekristenan memberitakan kabar baik yaitu Injil Sejati, maka akan ada oknum atau orang-orang yang akan mulai menyerang atau menuding dengan berbagai macam kritikan dan tuduhan. Tetapi kalau kita melihat kembali kepada pemberitaan tentang kabar baik, maka kita akan melihat bahwa Yesus Kristus juga menghadapi kondisi yang sama dimana Yesus dipandang sebagai orang yang melawan agama dan menentang hukum Taurat sehingga orang Farisi dan ahli Taurat bersepakat untuk membunuh Yesus Kristus. Hal yang sama juga Paulus alami, Paulus dipandang sebagai pemberontak dan menentang hukum Taurat karena mengajarkan kabar baik yaitu Injil Anugerah (Kisah 18 : 13; Kisah 21 : 28).

 

Oleh karena itu melalui buku ini gereja akan terus menyampaikan Injil Sejati yaitu pemberitaan tentang Anugerah di dalam Yesus Kristus, yang bersumber pada firman Tuhan agar kekristenan tidak terikat pada sebuah legalisme dan tidak tersesat oleh filsafat-filsafat manusia yang kosong.

 

Gereja YHS juga tidak akan memperdebatkan perbedaan pandangan atau tafsiran mengenai hukum Taurat dan Anugerah, sebab demikianlah yang dituliskan dalam Titus 3:9 “Hindarilah perdebatan bodoh tentang silsilah, juga pertengkaran dan perselisihan tentang hukum Taurat, karena semua itu tidak berguna dan sia-sia.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *