Kapan Tuhan memilih seseorang? Ketika kita sudah percaya atau sebelum itu? Jika ada yang dipilih Tuhan, apakah ada yang tidak dipilih?

 

Kapan Tuhan memilih seseorang? Ketika kita sudah percaya atau sebelum itu?

Jika ada yang dipilih Tuhan, apakah ada yang tidak dipilih?

Ayat rujukan Efesus 1:4, Matius 29:22

 

JAWABAN:

Dipilih dari kekekalan. Dipilih itu PASIF. Tuhan itu AKTIF.

 

(Efesus 1:4-6)

Dia telah MEMILIH kita sebelum dunia ada, dan oleh karena kasih, Dia menjadikan kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dia TELAH menentukan kita sebelumnya dan mengangkat kita SEBAGAI ANAK bagi-Nya melalui YESUS Kristus, sesuai dengan PERKENANAN dan KEHENDAK-NYA, untuk memuji kemuliaan anugerah-Nya, dan oleh-Nya Elohim telah menerima kita di dalam Putra Yang Terkasih.

 

(Roma 8:29-30)

Karena mereka yang telah dikenal-Nya DARI SEMULA, juga telah DITETAPKAN-NYA DARI SEMULA untuk menjadi serupa dengan gambaran Putra-Nya, sehingga Dia menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang telah ditetapkan-Nya dari semula, mereka juga dipanggil-Nya, dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka juga dibenarkan-Nya, dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka juga dimuliakan-Nya.

 

(Yoh 6:44) Tidak seorang pun dapat datang kepada-Ku jikalau tidak DITARIK oleh Bapa yang telah mengutus Aku. Dan Aku akan membangkitkannya pada akhir zaman.

 

(Yoh 15:16) Bukan kamu yang telah memilih Aku, melainkan Aku yang telah memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu untuk pergi dan menghasilkan buah, dan buahmu itu tinggal tetap, sehingga apa saja yang kamu minta kepada Bapa dalam Nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

 

Mengapa manusia memandang PILIHAN Tuhan ini TIDAK ADIL?

Karena manusia melihat dari SUDUT PANDANG “POHON PENGETAHUAN BAIK DAN JAHAT”, sehingga ia merasa TUHAN tidak memilih dirinya, Tuhan tidak adil, dsb. Jika dia melihat dari SUDUT PANDANG “POHON KEHIDUPAN”, maka ia akan melihat ANUGERAH TUHAN bagi dirinya. “Kehidupan Tuhan” (Anugerah) di dalam dirinya akan menuntunnya untuk meresponi ANUGERAH yang datang kepadanya.

 

(Roma 3:24) Sebab semua orang telah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Elohim, tetapi oleh ANUGERAH-NYA mereka dibenarkan SECARA CUMA-CUMA melalui penebusan di dalam Kristus YESUS

 

Apakah Tuhan salah memilih?

Tidak ! Dia telah merencanakan, memilih dalam KESEMPURNAAN, KE-MAHA TAHUAN-NYA di DALAM KEKEKALAN.

 

Kapan seseorang tahu bahwa dia hidup di dalam PILIHAN ANUGERAH Tuhan? 

Ketika seseorang dilahirkan ke dunia, kemudian dalam perjalanan hidupnya ia percaya dan menerima YESUS sebagai Tuhan dan Juruselamatnya secara pribadi, maka orang lain dapat melihat bahwa orang tersebut dipanggil dan dipilih untuk diselamatkan.

Sedangkan, ketika seseorang sampai akhir hidupnya tidak percaya bahwa YESUS adalah Tuhan dan Juruselamatnya, maka orang itu tidak dipilih sejak dalam kekekalan.

 

Seorang akan hidup di dalam Anugerah (Menjadi Ciptaan BARU, LAHIR BARU) YESUS di dalam dia, sehingga yang TAMPAK di dalam hidupnya adalah YESUS, bukan lagi dagingnya. Ia akan hidup di dalam ROH yang memimpin kepada kehidupan, bukan di dalam DAGING yang memimpin kepada kematian.

 

(Titus 2:11-12) Sebab, ANUGERAH Elohim yang MENYELAMATKAN semua orang SUDAH NYATA. Anugerah itu MENDIDIK kita supaya MENINGGALKAN Kefasikan dan MENINGGALKAN keinginan duniawi, hidup bijaksana, adil dan SALEH pada masa SEKARANG ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *